Cara Memilih Bibit Mawar Terbaik

Cara Memilih Bibit Mawar Terbaik

Oberlander – Bunga mawar menjadi idola banyak orang. Bentuknya yang indah, baunya yang harum, dan cara menanam hidroponik yang mudah dilakukan, membuat tanaman ini cocok untuk para penanam pemula. Berikut cara memilih bibit bunga mawar terbaik.

Oleh karena itu, tidak semua orang tahu bagaimana memilih bibit mawar yang baik dan menghasilkan bunga mawar yang indah. Masalahnya adalah kurangnya pengetahuan dan diasumsikan bahwa mawar ini dapat ditanam tanpa teknik khusus.

Padahal, untuk mendapatkan bunga mawar yang rajin mekar dan berbunga banyak dibutuhkan sedikit teknik dan penguasaan sejumlah faktor pendukung, begitu juga dengan menanam dahlia. Salah satu caranya adalah dengan memilih bibit mawar yang berkualitas Toko Bunga Online.

Bagaimana memilih biji mawar?

Sebelum kita mendalami pembahasan memilih biji mawar, perlu diketahui bahwa bunga mawar dapat diperbanyak dengan dua cara. Untuk yang pertama, yaitu dengan biji atau dengan reproduksi generatif.

Sedangkan untuk yang kedua adalah cara vegetatif dengan cara cangkok dan stek batang. Cara yang sering digunakan para penanam bunga mawar adalah teknik stek.
Selain mudah, teknik stek ini juga dimungkinkan sebagai warisan dari sifat ayah. Lantas bagaimana teknik generatif atau benihnya sama dengan menanam benih mawar hitam?

Berikut adalah teknik yang benar.

1. Pilih biji mawar dari antara biji

Bibit mawar ini, yang tumbuh dari biji, lebih sulit ditemukan daripada yang berasal dari stek atau cangkok. Sebab, selain meningkatkan keberhasilan pertumbuhan yang sulit, benih juga berpeluang mati sebelum bisa bertunas.

Untuk informasi lebih lanjut, berikut ini cara mendapatkan bibit bunga mawar, antara lain:

• Biji mawar ini berasal dari buah mawar. Jadi untuk mendapatkannya kita buka bunga mawar terlebih dahulu.
• Mawar diperoleh dari mawar matang dan selama periode penyerbukan. Pada awal proses, warna buah ini adalah hijau dan kemudian akan berubah menjadi merah, ungu atau oranye.
• Buang biji mawar dari buahnya. Bersihkan terlebih dahulu agar tidak terhindar dari proses perkecambahan akibat kotoran nantinya.
• Rendam benih dalam air selama kurang lebih 24 jam untuk mengetahui kualitas benih. Ketika benih-benih itu tenggelam, Anda membawanya untuk ditabur.
• Menabur benih mawar untuk mendapatkan benih mawar yang berkualitas. Cara menabur bunga mawar ini adalah dengan meletakkannya di lingkungan yang lembab, seperti kertas tisu yang dibasahi.
• Tunggu benih berkecambah dan benih siap ditanam.

2. Pilih biji mawar dari stek atau cangkok.

Bibit mawar yang berkualitas baik akan lebih mudah diperoleh dari teknik stek dan okulasi. Cara mencapainya dengan menggunakan teknik pemotongan yang meliputi:

• Anda memilih bunga mawar yang digunakan sebagai pemulia. Tentukan mawar terbaik yang telah mekar, yang sehat dan kebal terhadap hama dan penyakit.
• Anda menentukan root untuk menulis nanti. Anda memilih batang yang besar, tua, kuat dengan kuncup.
• Potong batang mawar ini dengan ukuran sekitar 5-10 cm. Tempatkan kuncup bunga mawar di tengah batang kemudian potong secara miring agar bunga mawar mudah menyerap nutrisi.
• Rendam stek dalam cairan hormonal untuk mempercepat pertumbuhan akar. Waktu perendaman yang ideal adalah 2-3 jam.
• Tanam stek ini di media yang Anda sediakan.

3. Persiapan penanaman bibit mawar

Tanaman mawar diperoleh dengan teknik tabur atau teknik stek. Saatnya kita menanam benih agar menjadi bunga mawar yang indah.
Langkah-langkah menanam bibit bunga mawar, antara lain:

• Siapkan media tanam terlebih dahulu. Media tanam ini bisa berasal dari campuran polong, kompos dan tanah.
• Komposisi yang ideal adalah 1:1:1 kompos: tanah: polong.
• Tanaman baru siap pindah jika sudah terlihat akar dan daunnya, baik dari biji maupun stek batang.
• Siram secara teratur sekitar 2 kali sehari dengan metode semprotan mawar.

4. Proses menanam bunga mawar

Bunga mawar yang ditanam langsung di tanah dapat menghasilkan tanaman yang subur dan tumbuh tinggi serta berbunga. Tapi Anda mungkin bisa mendapatkan hasil yang sama dengan menanam dalam pot.

Syaratnya memberikan nutrisi tambahan berupa pupuk kimia atau organik sebagai nutrisi tambahan untuk media tanam. Siram secara teratur agar bunga tidak mengering.
Pot yang digunakan harus terakota. Buat lubang tanam sedalam 10-15 cm, lalu pindahkan bunga mawar ke dalam media tanam. Padatkan dan bilas dengan sedikit air.

Saat memindahkan bibit ke media tanam, hati-hati jangan sampai merusak akarnya. Pemindahan ini sebaiknya dilakukan pada sore hari agar tanaman tidak bertabrakan saat menerima sinar matahari.

Sumber: Toko Bunga Terdekat